Welcome

Welcome

Selasa, 29 April 2014

Menengok Keindahan di Barat Indonesia

Tema: Charming Banda Aceh
Sub Tema: Wisata Alam

Banda Aceh. Entah mengapa mendengar nama itu mengingatkan saya pada bencana Tsunami pada tahun 2004. Sudah 10 tahun berlalu namun tidak bisa hilang dari ingatan. Bencana Tsunami terdahsyat (bagi saya) yang sampai memakan banyak korban jiwa begitu menyayat hati saya, belum lagi bangunan dan kendaraan lainnya. Jujur saja, sejak saat itu, Banda Aceh menjadi salah satu kota yang ingin saya kunjungi. Namun sampai saat ini belum juga terlaksana. Tayangan-tayangan di telivisi tentang ragam budaya Aceh cukup bisa membuat kerinduan saya pada Banda Aceh terobati.

Pernah suatu hari saya menonton acara telivisi di salah satu stasiun TV swasta di Indonesia yang membahas tentang petualangan anak-anak asli Banda Aceh yang sangat bersahabat dengan Alam disana. Sungguh saya dibuat takjub oleh keindahan alam di Banda Aceh. Banyak sekali pemandangan-pemandangan indah yang tidak bisa saya temukan di kota saya ini. Bahkan saya jadi sering berkhayal dan bertanya 'kapan saya bisa ke Banda Aceh?'


BANDA ACEH

Kota Banda Aceh adalah salah satu kota sekaligus ibu kota provinsi Aceh, Indonesia. Sebagai pusat pemerintahan, Banda Aceh menjadi pusat segala kegiatan ekonomi, politik, sosial dan budaya.

Banda Aceh Map (visitbandaaceh.com)

WISATA ALAM DI BANDA ACEH

Wisata alam di Banda Aceh sangat beragam. Seperti Pantai, Sungai, Gunung dan masih banyak lagi. Mari kita bahas!

  • Pantai Iboih : Pantai dengan pasir putih dan laut yang jernih ditambah dengan suasana yang tenang menyempurnakan liburan di sini. Wisatawan bisa snorkeling atau diving di sini. Saat snorkeling, siap-siap terpesona dengan airnya. Air laut di sini sangat bening, dengan warna hijau toska atau biru cerah.
    Pantai Iboih dari atas perbukitannya (travel.detik.com) 
  • Pantai Lhok Nga : Pantai ini berjarak sekitar 20 km dari Banda Aceh. Meski sempat di tempa Tsunami, namun pantai ini tetap terlihat cantik. Ombak di sana bisa mencapai 3 meter tingginya. Bagi para wanita, harap dipastikan untuk memakai baju sopan saat ingin menghabiskan waktu di sini. Jika Anda kesana, jangan lewatkan berjalan santai di sepanjang tepian pantainya yang berpasir putih serta lembut, ya! 
    Pantai Lhok Nga (travel.detik.com)
  • Pantai Sumur Tiga : Saat berlibur ke Aceh, tepatnya di Sabang, jangan lewatkan mentari terbit dari Pantai Sumur Tiga. Pantai ini digadang-gadang memiliki pemandangan sunrise paling indah di Sabang. Selain mentari, pantai ini memiliki pasir yang putih serta air nan biru menggoda. Pantai yang disebut sebagai "Hawaiinya Sabang" ini memiliki panorama yang mirip Hawaii jika dilihat dari beberapa sisi. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini, antara lain berenang atau surfing
    Pantai Sumur Tiga (onlyaceh.blogspot.com)
  • Pantai Kasih : Jika Pantai Sumur Tiga paling tepat melihat sunrise, pantai ini paling pas untuk menunggu mentari kembali ke peraduan. Berada di paling barat Indonesia, pantai ini masih menyajikan pemandangan sunset hingga lewat pukul 18.00 waktu setempat. Di luar atraksi alam nan memukau, Pantai Kasih memiliki bibir pantai yang lebar dan luas. Serta tak ketinggalan, air yang jernih dan segar. 
    Sunset Pantai Kasih (travel.detik.com)
  • Pantai Anoi Hitam : Bosan dengan pantai berpasir putih, Aceh juga punya pantai berpasir hitam yang eksotis. Ya, Pantai Anoi Hitam. Pantai yang berjarak sekitar 13 km dari pusat kota ini tak terlalu ramai, cocok bagi traveler yang ingin menenangkan diri. Meski memiliki warna yang hitam, bukan berarti pantai ini tidak memiliki tekstur yang lembut. Pasirnya tak kalah lembut dibanding pasir di tempat lain. Satu hal yang membuatnya unik yaitu perpaduan air laut nan jernih dan pasir yang hitam. Sungguh cantik dan eksotis. 
    Pantai Anoi Hitam (travel.detik.com)
  • Pantai Ujung Batee : Pantai ini biasanya ramai saat pagi hari, banyak wisatawan yang ingin menikmati momen sunrise. Di sepanjang Pantai Ujung Batee, bisa terlihat banyak peninggalan sejarah. Ada Benteng Indra Parta yang sebagian besar bangunannya sudah tergenang laut. 
    Pantai Ujung Batee (www.pasirpantai.com)
  • Pantai Tapak Gajah : Letaknya tak terlalu jauh dari pusat Kota Sabang. Yang paling penting, pantai ini sangat bersahabat bagi anak-anak. Di sekeliling lepas pantai, ada deretan batu karang yang memanjang dan memecah ombak. Ini yang membuat pantai ini memiliki ombak yang lebih tenang dan cocok dijadikan tempat berenang bagi anak-anak. 
    Pantai Tapak Gajah (www.indonesia-tourism.com)
  • Sungai Krueng Aceh : Krueng Aceh adalah salah satu sungai terbesar di Aceh. Sungai sepanjang 145 kilometer itu mengalir dari hulu di Cot Seukek, Aceh Besar, ke hilir di Gampong (Kampung) Nelayan Lampulo, Banda Aceh. Kelestarian lingkungan sungai ini masih terjaga. Setidaknya hal itu tampak pada lebih kurang 10 kilometer aliran Krueng Aceh di Banda Aceh. Air sungai masih bersih dengan warna hijau kebiruan. Ikan pun masih banyak. Itu yang membuat pemancing berdatangan saat air pasang. Warga pun menjadikan Krueng Aceh sebagai tempat rekreasi. Sore adalah waktu terbaik para keluarga berkumpul di pinggiran sungai. Kondisi itu sangat didukung suasana sungai yang masih asri. Di pinggiran sungai masih ada tanah lapang selebar 5-10 meter yang ditumbuhi pepohonan rimbun, semisal pinus. 
    Sungai Krueng Aceh (kompas.com)
  • Gunung Seulawah Agam : Gunung ini sudah masuk ke dalam hutan lindung. Gunung Seulawah Agam merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Aceh. Jika Anda sedang berkunjung ke Banda Aceh melalui bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, cobalah melihat ke arah timur dari tempat yang terbuka, pasti anda akan melihat mahakarya Sang Pencipta tersebut menjulang tinggi seakan menjadi pilar penopang langit. Itulah yang sering membuat turis tertarik untuk datang ke Banda Aceh. Walaupun ketinggiannya hanya 1800 meter di atas permukaan laut (MDPL), Seulawah Agam banyak menyimpan keindahan yang belum tercemari. Gunung ini belum banyak dikunjungi orang, jadi bagi anda yang sedang mencari spot pendakian yang masih asri dan damai, Seulawah Agam bisa menjadi tujuan anda selanjutnya. 
    Gunung Seulawah Agam (wartaaceh.com)
Jika saya terus menulis disini tentang wisata alam di Banda Aceh, saya takut Anda akan menjadi bosan untuk membacanya. Karena, sungguh luar biasa banyaknya wisata alam disana. Saya hanya mengambil beberapa tempat yang menurut survey, menjadi tempat paling favorit. Dan semakin banyak saya menulis hal ini, membuat saya semakin 'ngiler' untuk pergi kesana, hehe. Itulah beberapa wisata alam yang bisa Anda (dan/ atau saya) kunjungi. Semoga senantiasa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan untuk kita semua ;D


Sumber Referensi:  - id.wikipedia.org
                             - travel.detik.com
                             - KOMPAS. com
                             -www.acehadventure.com
                             - onlyaceh.blogspot.com
                             - www.pasirpantai.com
                             - wartaaceh.com
                             - visitbandaaceh.com


Banner BANDA ACEH BLOG COMPETITION 2014

1 komentar:

  1. Undangan Menjadi Peserta Lomba Review Website berhadiah 30 Juta.
    Selamat Siang, setelah kami memperhatikan kualitas tulisan di Blog ini.
    Kami akan senang sekali, jika Blog ini berkenan mengikuti Lomba review
    Websitedari babastudio.

    Untuk Lebih jelas dan detail mohon kunjungi http://www.babastudio.com/review2014


    Salam
    Baba Studio

    BalasHapus